Sabtu, 25 Juni 2016

Apps Review: MedCare - Aplikasi Kesehatan Paling Care Buat Kamu


Halo guys...
Selamat datang kembali di Ubahlah Dunia.
Kali ini saya akan me-review sebuah apps yang tidak biasa. Bukan apps sosmed semacam Path atau Instagram, melainkan aplikasi buat kalian yang ingin menjaga kondisi kesehatan agar selalu fit. Wah, keren banget nggak sih?

Apps buatan Asuransi Astra ini sudah tersedia di Google Play dan App Store. Aplikasi ini bebas digunakan bagi kalian yang merupakan customer Garda Medika maupun bukan. Tinggal search “Garda Mobile Medcare” atau pakai keyword “medcare” saja sudah muncul aplikasinya dengan icon detak jantung warna biru.

Seberapa penting sih apps ini? Dan seberapa ampuhkah apps ini untuk bikin tubuh kita tetap fit? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, mari kita mulai me-review aplikasi terbaru: Garda Mobile Medcare.


Saat membuka apps ini akan terlihat interface logo Medcare berwarna biru. Keren banget. Setelah itu akan muncul semacam Terms of Use yang harus kita setujui untuk melanjutkan ke halaman utama aplikasi.
Jrenk! Kita akan dibawa ke halaman utama “Home”. Terdapat lima tabs dan sembilan icon dengan desain elegan berwarna pastel. Cool! Bahasa yang muncul pada aplikasi ini akan sesuai dengan bahasa bawaan smartphone kita. Sayang sekali, belum tersedia fitur ganti bahasa dari Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Mungkin pada update berikutnya akan muncul fitur tersebut. Karena smartphone saya menggunakan bahasa Inggris maka saya akan me-review dengan menu berbahasa Inggris.

Sebelum memulai, kita bisa mengisi data diri dan meng-upload foto kita di tab kedua yaitu Profile. Sertakan pula nomor orang terdekat kita bila terjadi keadaan darurat yang bisa dihubungi.
Oke, kita bisa mencoba dan mengutak-atik menu Daily Activity dahulu. Setelah itu kita bisa mencoba menu Wellness, Medical Control, Medication, dan yang lainnya.

Dalam menu Daily Activity ini, kita dapat memeriksa apakah kegiatan sehari-hari kita yang berhubungan langsung dengan kesehatan, sudah kita lakukan dengan baik.
  
Setelah mencoba semua menu Daily Activity, kita jadi tahu bahwa kegiatan sehari-hari yang kita lakukan sudah benar bahkan perlu diperbaiki. Seperti yang terlihat pada screenshot apps saya, pola makan saya sudah benar namun kebutuhan air minum jauh dari kata cukup. Saya harus banyak-banyak minum nih.

Kita juga bisa dengan mudah mencatat dan memonitor aktivitas kita sehari-hari. Kita bisa mengecek Body Mass Index dan berat ideal, mencatat target konsumsi makanan dan minuman harian, serta lama tidur kita. So useful!

Wellness berarti Kesehatan. Dalam menu ini kita diajak untuk mengorganisasikan aktivitas kebugaran. Misalnya, biasanya sih saya rutin untuk nge-gym. Tapi terkadang karena sibuk saya jadi lupa dan terlalu sore untuk berangkat nge-gym. Namun dengan adanya menu ini, saya tidak perlu sampai kelupaan lagi. Begitu juga dengan aktivitas olahraga saya yang lainnya.
 

Tidak hanya untuk aktivitas olahraga, kita juga bisa mengatur pengingat jadwal untuk ke dokter maupun kontrol.
 

Kalau kalian pernah mencopa aplikasi My Pillbox, menu Medication ini 11-12 lah sama My Pillbox. Bedanya, di aplikasi Medcare lebih simpel dan gampang banget untuk digunakan. Kita bisa mengambil gambar obatnya, dan memasang alarm sebagai pengingat. Tak perlu khawatir lupa, kalau sudah waktunya jam minum obat, bakal selalu diingetin sama MedCare.
 

Semua jadwal yang sudah kita atur pada menu Wellness, Medical Control dan Medication dapat langsung kita cek maupun kita edit kembali di menu Reminder ini.

Kita bisa menulis laporan mengenai Sypmtoms atau gejala-gejala penyakit yang timbul untuk dikonsultasikan lagi saat kita mengunjungi dokter.

Kita akan langsung disambungkan ke nomor 1500112 yaitu Call Center Asuransi Astra yang siap menanggapi dan siaga membantu kita selama 24 jam.

Menu ini dikhususkan bagi pelanggan Garda Medika agar bisa menikmati kemudahan melihat sejarah klaim dan manfaat kepesertaan.

Ini salah satu menu yang saya suka. Kita akan dikirimi berbagai penawaran menarik dari berbagai partner Asuransi Astra. Salah satu pesan masuk berisi tentang Voucher Optik Melawai sebesar 500 ribu rupiah. Kebetulan saya membutuhkan kacamata baru dan ini penawaran yang sangat keren. Namun saya bingung dimana saya bisa menemukan Optik Melawai terdekat?

Kebingungan saya terobati setelah memilih tab ketiga yaitu Near Me. Dalam menu ini kita bisa dengan mudah menemukan Rumah Sakit terdekat, Lab, Apotek, Gym dan Optik yang saya cari-cari.
 

Medcare juga meyediakan artikel-artikel ringan dan menarik seputar kesehatan di tab keempat yaitu Knowledge yang bisa kita simak setiap saat. Tidak hanya kualitas tiulisan yang baik, terdapat pula ilustrasi yang cantik. Namun format artikel sedikit mengganggu untuk dibaca karena tidak adanya jarak tertentu antar paragraf.
 

Pada tab kelima yaitu Setting, kita bisa menghubungkan Medcare dengan akun sosmed kita seperti Facebook dan Twitter untuk menjaga data yang sudah tersimpan di apps dan memudahkan kita sharing kepada kerabat dan teman kita. Jangan lupa gunakan hashtag: #gardamobile dan #medcare yah.


Oke, setelah kita me-review bersama-sama, terlihat sangat bermanfaatnya apps ini bagi kesehatan diri kita. Mulai dari reminder pengobatan, jadwal kontrol hingga olahraga, penawaran khusus dari mitra Asuransi Astra, kemudahan untuk mencari fasilitas kesehatan dan beberapa tips kesehatan yang selalu up to date, kita jadi paham bahwa aplikasi Garda Mobile Medcare ini memang wajib untuk selalu ada di smartphone kita. Walau masih terdapat beberapa kekurangan kecil pada fitur yang ada, aplikasi Medcare ini benar-benar worth it banget!

UbahlahDunia Score: 4.5/5


Segera unduh deh dan nikmatilah sentuhan paling care dari Garda Mobile Medcare ^^,


Sampai Jumpa di Review selanjutnya ya!


Sumber Bacaan:
Afifuvevo Web Developer

Afif Zakariya seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi travelling, membaca, berenang, dan menulis blog. Dia bercita-cita untuk menguasai dunia.