Senin, 31 Maret 2014

Nggak Peduli Hutan Itu Ndeso!


Prolog
Saat saya mendapatkan misi untuk mengikuti Bearing Witness Greenpeace Indonesia, saya merasa ini adalah sebuah tanggung jawab yang besar. Bersama lebih dari 10 orang yang mengikuti perjalanan ini, saya akan mengajak teman-teman mengikuti petualangan yang telah kami alami. Siapkan senjata dan popcorn kalian karena ini adalah petualangan yang sangat seru.
CATATAN: ‘Ndeso’ disini kita sepakati untuk diartikan sebagai kata norak, nggak keren, atau udik, tidak berpikiran maju. 

Desa Dosan – Desa yang Nggak Ndeso
Hari ke-1:
Tujuan awal kami adalah Desa Dosan, tempat dimana sawit yang konon katanya ramah lingkungan-desa yang nggak ndeso karena sudah berpikiran jauh lebih maju. Jalanan yang awalnya rata, tiba-tiba menjadi berkelok dan penuh pasir berbatu. Pemandangan yang terlihat sepanjang perjalanan adalah lahan sawit. Keberadaan sawit yang berlebihan dan kondisi jalan yang tidak biasa membuat saya enek dan mual. Perjalanan masih di awal namun saya sudah K.O, saya mabok sawit-eh mabok darat. Untungnya jalan kembali membaik dan pemandangan yang akan saya lihat selanjutnya membuat saya melupakan kemabokan saya. Ya, bekas hutan terbakarlah yang saya saksikan. Bang Zamzami dari Greenpeace yang saat itu bersama saya bilang, ini hanya sebagian kecil saja karena kita akan melihat lebih dari ini di perjalanan esok. Saya hanya bisa melongo tidak percaya. Lebih tepatnya tidak mau mempercayainya.
Bekas Terbakarnya Hutan di Lahan Gambut
Setelah sekitar 4 jam di perjalanan akhirnya kami tiba. Sampai di kawasan Desan Dosan,  langit sudah tak bercahaya, hanya gelap yang ditaburi bintang-bintang. Di sana kami disambut dengan sangat baik oleh bapak Kepala Desa Dosan dan keluarga Pak Dahlan. Pak Dahlah adalah salah satu tokoh legendaris Desa Dosan yang mengenalkan warga pada ilmu tanaman sawit yang diterapkan tahun 2003 untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, karena pak Kades bilang dulunya pada tahun 2000 Desa Dosan masih termasuk wilayah yang terbelakang atau IDT (Inpres Desa Tertinggal). Dengan dibantu oleh LSM Elang yang masuk tahun 2004 dan melakukan penelitian selama satu tahun, kualitas tanaman sawit meningkat drastis tanpa menambah jumlah lahan. Bagaimana caranya?


Saat itu saya masih tidak percaya ada taman sawit yang ramah lingkungan. Yang saya tahu sebelum ini, sawit itu tanaman jahat. Jahat sekali. Memang menghasilkan, namun pengrusakan yang diakibatkannya tidak sebanding dengan yang kita dapatkan. Mereka menyerap air dengan egois dan mereka dianggap sebagai raja hingga orang-orang menghalalkan kehancuran lahan gambut. Saya tidak paham. Kerisauan hati ini akan terjawab keesokan hari, karena malam itu sudah larut, waktunya kami untuk beristirahat.

Hari ke-2:
Ternyata tak jauh dari tempat kami, tersembuyi danau yang indah, Danau Naga Sakti namanya. Danau Nagasakti memang sakti karena memiliki banyak kesaktian. Saat musim hujan tidak pernah meluap dan banjir. Saat kemarau tidak pernah kering dan berkurang. Airnya cukup bening padahal berada di lahan gambut yang biasanya air berwarna kemerahan. Airnya juga tidak bisa diambil dengan pompa padahal sudah didirikan bangunan untuk itu. Di sini juga merupakan tempat tinggal berbagai satwa dan pernah dijumpai Harimau Sumatera, tapi tidak ada tanda-tanda mereka saat kami berada di sana, begitu pula seekor Naga yang dikisahkan hidup di dasar danau untuk menjaga kawasan Danau Naga Sakti. Tak apa, karena kami ditemani seekor Bangau Hitam dan kicauan Monyet-monyet yang sepertinya sedang sarapan di sana.
Danau Naga Sakti yang Sakti
Lanjut perjalanan kami ke lahan sawit. Ini dia tanaman jahat yang memandangnya saja sudah membuat perut saya mules. Tapi sebentar lagi permasalahan perut saya akan terobati karena saya sadar, tak semua sawit itu jahat. Sawit yang memiliki gelar ‘Ramah Lingkungan’ harus punya satu syarat utama yaitu tidak melakukan pengrusakan lingkungan ataupun memberikan efek buruk pada lingkungan. Dan di sinilah sawit ramah lingkungan itu berada. Tanpa perlu melakukan Ekstensifikasi seperti penambahan lahan sawit atau saya lebih suka menyebutnya menghancurkan lingkungan, Intensifikasi sawit menjadi solusi modern. Dulunya dalam 2 hektar lahan sawit hanya menghasilkan 400 kg buah sawit, tapi setelah dilakukan Intensifikasi, dalam 2 hektar hasilnya berangsur-angsur naik menjadi 700 kg bahkan mencapai 1,4 ton lebih. Sihir apa ini? Apakah kesaktian Naga Sakti?


Browning yang Benar Meningkatkan Hasil Buah Sawit
Jawabannya ternyata sederhana: Mengelola sawit secara benar. Itu saja. Jika dikelola secara benar, hasilnya maksimal. Seperti penggunaan pupuk yang tepat hingga perlakuan tanaman sawit dalam pengerjaannya. Kami diajari oleh Pak Dahlan membedakan sawit mana yang buruk dan sawit mana yang baik. Sawit yang diperlakukan secara baik akan menghasilkan buah yang baik dan maksimal tanpa perlu menambah lahan sawit. Dari sinilah masyarakat Desa Dosan hidup. Tidak adil jika kita hanya berteriak ‘hentikan penggundulan hutan’ tapi tidak mau melihat dan memikirkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan hutan. Langkah nyata LSM Elang untuk menghentikan deforestasi merupakan salah satu contoh yang berhasil untuk mendukung komitmen masyarakat Desa Dosan yang akan tetap mempertahankan hutan mereka. Dari contoh baik ini kita pun bisa menciptakan solusi sesuai dengan kemampuan kita, seperti tulisan saya sebelumnya jika kita mau sedikit berimajinasi, karena kita adalah makhluk yang kreatif.
Buah Sawit, Perkilo Dihargai Sekitar 1000 Rupiah
“Desa Dosan yang berada di desa pedalaman tapi memiliki teknologi yang modern dan berpikiran nggak ndeso.”

--oOo--

Permasalahan Hutan Tidak Sesederhana Kelihatannya
Perjalanan kami lanjutkan. Setelah berpamitan dengan keluarga Pak Dahlan, Pak Kades dan LSM Elang, di tengah hari yang terik kami melanjutkan perjalanan ke Teluk Meranti. Terdapat hutan yang katanya masih cantik dan ada fenomena alam arus Bono yang sudah go international. Semangat saya yang sedang tinggi tiba-tiba menciut. Dalam perjalanan, kami melihat asap. Besar sekali. Kendaraan kami hentikan lalu kami turun. Saya gatal ingin melakukan sesuatu, tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa saat itu. Memaksakan untuk memadamkannya juga tidak mungkin. Dengan ember? Kemungkinan besar kita akan tewas duluan karena menghirup banyak asap dan tidak tahu cara memadamkan lahan gambut dengan benar. Kaki saya melemas seketika, ini mimpi buruk. Hutan, di depan mata saya sedang menangis, mereka terbakar dan saya tak berdaya.
Hutan Kita sedang Terbakar
Saya melihat Burung Rangkong terbang menjauh dan Labi-labi Moncong Babi yang kelihatannya juga sedang kabur lewat sungai. Saya hanya bisa mengamati dan beberapa saat kemudian truk pemadam kebakaran datang ke arah lokasi kami. Mereka mengambil air dari sungai dengan maksud memadamkan hutan yang ada jauh di depan kami. Setelah melanjutkan perjalanan saya menceritakan kegundahan hati saya. Mas Jeri dari Greenpeace bilang bahwa kebakaran tadi tidak seberapa, mungkin cuma dua atau tiga titik. Bahkan truk pemadam kebakaran tadi sangat tidak cukup untuk memadamkan hutan tadi. Saya mengiyakan dan membayangkan bagaimana dengan hutan bagian yang lain yang tak terjamah saat ini. Ah, bertambah pula kegundahan saya.

Sampai kami di Teluk Meranti. Lagi-lagi bintang kembali menghiasi kedatangan kami. Suara hiruk pikuk Burung Walet menyambut kedatangan kami. Katanya di sini Harimau Sumatera juga pernah terlihat berteduh saat hujan di salah satu pohon. Mendengar itu saya senang. Saya yakin, saya akan bisa bertemu dengan Harimau Sumatera nanti. Bagaimana dengan Bono di Sungai Kampar? Arus Bono yang terkenal sampai ke penjuru dunia tidak datang kali ini. Musim Bono yang besar ada pada bulan ke-11 dan 12, mungkin kita bisa ke sini lagi tahun ini.

Kami menginap di rumah panggung Pak Firdaus yang sangat luas. Ada Pak Dani sesepuh yang bekerja sebagai nelayan dan Bang Yanto yang paham betul tentang permasalahan utama di Teluk Meranti. Setelah makan malam dan perkenalan, kami memulai berbincang-bincang. Perbincangan ini membuat saya sakit kepala. Pembicaraan yang sedang kami lakukan sungguh intens dengan suasana yang agak tegang, ditambah nada bicara yang juga sedikit meninggi. Setelah mereka bercerita, saya mulai paham mengapa mereka bisa semarah itu. Masyarakat Teluk Meranti telah dibohongi, dikhianati, hingga diadu domba. Mas Afif dari Greenpeace bilang kepada saya, masalah hutan tidak sesederhana kelihatannya, bahkan hutan bisa membuat seseorang berpoligami dan ‘membunuh’ keluarga sendiri. Sungguh kepala saya bertambah sakit saat Pak Dani bilang, bohong jika ada yang bilang keadaan hutan di Teluk Meranti masih bagus dan sempurna. Sebenarnya apa sih yang sedang terjadi di sini?
1 km Setelah Hutan Di Depan Kita Ini Ternyata Telah Hancur
Sungguh kompleks. Ternyata dari jarak 1 km dari tepi sungai sudah merupakan HTI (Hutan Tanaman Industri). Padahal perusahaan yang mengelolanya menjanjikan dengan jarak 1,5 km. Mereka telah mengkorupsi 0,5 km hutan. Mereka telah membohongi masyarakat. Perubahan fungsi hutan ini termyata berdampak pada kualitas air sungai dan hasil tangkapan nelayan. Jika dulu Pak Dani berlayar selama satu bulan dengan hasil melimpah hingga hasil tangkapannya bisa ia gunakan untuk beristirahat selama 2 bulan, untuk sekarang, berlayar satu bulan hasilnya jauh berkurang hingga ia hanya bisa beristirahat selama 1 minggu saja. Pak Yusuf dan Bang Yanto bilang masyarakat masih mau untuk bertani bahkan mereka dulu tidak perlu membeli beras, tapi pada akhirnya terbentur permasalahan hama, seperti banyak sekali babi, monyet dan burung yang sudah tidak punya hutan untuk mencari makanannya sehingga mereka turun menyerang hasil pertanian masyarakat.

Semua ini terjadi karena uang. Pejabat setempat termasuk beberapa sesepuh di sana tergiur uang perusahaan. Pak Dani bahkan tak segan menyebutnya iblis. Uang membuat pejabat setempat membolehkan perusahaan tersebut mengambil hutan gambut untuk diubah menjadi hutan industri secara semena-mena. Perlawanan warga untuk mempertahankan hak atas bertahannya hutan malah dihadiahi dengan pemecatan Pak Firdaus dari ketua RW. Ada banyak permasalahan kompleks di sini yang tidak bisa saya jabarkan karena keterbatasan pengetahuan dan informasi yang saya terima, ‘musuh dalam selimut yang menyelimuti serigala berbulu domba’ adalah perumpamaan sederhana yang bisa saya berikan.

Setelah selesai dari pembicaraan yang cukup berat itu, Mas Iman yang merupakan orang perusahaan berkata bahwa seharusnya kejadian ini tidak terjadi seperti ini. Perusahaan pasti memberikan bentuk kompensasi sesuai yang diinginkan masyarakat yang telah disepakati, yang pasti dilaksanakan, tapi yang diulur adalah waktu pelaksanaan dalam hitungan beberapa bulan saja. Wah seharusnya seperti itu, tidak seperti di sini yang katanya memberikan kompensasi tapi tidak terealisasikan hingga bertahun-tahun. Pikiran kami lelah, kami butuh beristirahat.

Hari ke-3:
Pagi yang indah di Teluk Meranti. Kami siap berpetualang menyaksikan hutan di Kerumutan melewati Sungai Kampar. Aaaaaah... Indah sekali.. Cantik sekali.. Di sini, foto yang diambil asal jepret pun hasilnya akan jadi bagus. Ada banyak tanaman menjulang dan banyak sekali satwa-satwa eksotis, seperti Burung Pucung, Burung Ule, Burung Bubud, Burung Sriti, Beruk, Koka dan lain sebagainya. Terdapat pula ikan yang melompat-lompat yang sedang dimakan oleh Biawak.
Suasana Rimba Seperti yang Ada di Film-film
Kami mampir di rumah nelayan Ibu Rosma yang sederhana lengkap dengan tempat pengasapan ikan. Kami juga bertemu beberapa nelayan yang berkata bahwa hasil tangkapan ikan mereka sangat sedikit. Selain karena musim kemarau yang panas sehingga ikan segan untuk dekat-dekat dengan permukaan air, keberadaan hutan juga menjadi pengaruh besar. Kami bertemu Bang Awaludin dan Kak Nenen yang bercerita tentang tangkapan ikan mereka dan bahwa beberapa waktu yang lalu pembalak hutan yang tidak bertanggung jawab menabrak dan merusak jala bahkan lebih parahnya mengambil hasil tangkapan ikan mereka.
Rumah Nelayan dengan Lansekap yang Cantik
Kami pun mampir di area pembalakan hutan yang dimaksud. Terlihat bongkahan papan-papan kayu yang sudah dipotong untuk siap diangkut. Terdapat jalan setapak yang dibuat dari tumpukan kayu tersebut yang dibuat untuk memudahkan pengangkutan kayu dari dalam hutan dengan sepeda, lalu di bawa ke tepi sungai dan diangkut dengan perahu. Cara yang digunakan pun buruk sekali. Sangat tidak beradab. Mereka membakar beberapa area dan menumbangkan pohon-pohon dengan asal. Memang masyarakat sekitar menggunakan kayu di hutan dengan menggunakan beberapa pohon saja sebagai bahan untuk membangun rumah mereka, tapi tidak seperti yang dilakukan pembalak ini. Mereka jelas-jelas menggunakannya untuk dijual ke luar. Semoga pelaku dan otak di balik kehancuran hutan ini dihukum sepantasnya. Kami pun mengakhiri kunjungan kami dan kembali melalui Sungai Kampar. 
Hutan Kita yang Dihancurkan Secara Tidak Beradab
“Saya yakin masih ada harapan untuk hutan jika kebenaran ditegakkan dan kebathilan ditumpaskan.“


--oOo--

Gajah Sumateraku Sayang, Harimau Sumateraku Malang
Perjalanan di Kerumutan dan Teluk Meranti kami akhiri siang itu. Setelah sekitar 3 jam perjalanan, kami sampai di Camp Flying Squad di Taman Nasional Tesso Nilo. Dari penelitian LIPI, Tesso Nilo merupakan taman nasional yang memiliki jumlah spesies paling banyak. Sesampainya di sana seekor Gajah Sumatera yang cukup besar tiba-tiba berjalan di belakang saya! Saya, Mas Aloy dari MBDC dan Mas Gorga dari RACK Digital langsung mengantri untuk memeluk gajah tersebut. Rahman namanya, ia sudah berumur hampir 30 tahun. Selang beberapa waktu dua gajah yang lebih kecil dari Rahman bernama Teso dan Nela datang, ditunggangi oleh masing-masing Mahout-penjaga dan pelatih gajah. Setiap gajah memiliki Mahout untuk menemaninya.
Pemandangan dari Punggung Rahman Sangat Tinggi, Saya Terbang!
Saat kami datang, waktunya tepat sekali untuk gajah mandi di sore hari. Mereka mandi minimal dua kali sehari untuk mengurangi panas tubuhnya. Sungai tempat mandi gajah berjarak beberapa ratus meter dari camp. Saya bersama Mas Iman menunggangi Rahman, dan Inez dari Greeneration menunggangi Teso. Sampai di sungai, Rahman, Nela dan Teso menceburkan diri ke dalam air. Saya yang masih berada di punggung Rahman membantu memandikannya. Menggosok kepala, leher dan telinganya. Mereka menyelam, berdiri lalu menyelam lagi dengan interval waktu tertentu sesuai yang mahout instruksikan kepada mereka. Ritual mandi sore pun selesai, kami kembali ke camp lalu para gajah pergi untuk kembali ke shelter mereka.
Rahman Selesai Mandi
Malam kami habiskan untuk berbincang dengan beberapa mahout dan petugas yang berada di Taman Nasional Tesso Nilo. Masalah utama di sini adalah batas wilayah dan pengamanan lahan. Tidak adanya batas wilayah yang jelas di Tesso Nilo membuka peluang untuk hal tersebut. Sudah lama isu ini diangkat tapi penegakan hukum yang kurang jelas menjadikan hal ini terabaikan. Bahkan beberapa orang bisa bebas masuk ke dalam taman nasional untuk berburu atau melakukan perambahan. Hal ini menjadi ancaman bagi satwa di sini terutama Gajah dan Harimau Sumatera. Ada sekitar lebih dari 60 ekor gajah yang ditemui dengan belasan ekor yang sudah dilakukan pendataan DNA. Dan terdapat belasan harimau yang sempat ditemui dengan 7 ekor harimau yang sudah dilakukan pendataan DNA. Harimau Sumatera membutuhkan 5-10 kg daging perhari. Jika perburuan hewan dan perambahan hutan di Tesso Nilo berlanjut, maka tak ada makanan untuk harimau dan tak ada wilayah yang cukup luas untuk gajah. Itu berarti akhir dari hidup mereka. Saya juga bertanya tentang kamera jebakan. Kamera jebakan yang terpasang sebanyak lebih dari 60 buah berhasil menangkap gambar puluhan Gajah Sumatera, namun hanya satu saja untuk Harimau Sumatera. Saya berharap lebih banyak dari itu. Beberapa kamera yang dipasang juga banyak yang dicuri, mungkin sebenarnya akan ada banyak gambar yang bisa kita dapatkan jika pengamanan kawasan ini bisa ditingkatkan.

Hari ke-4:
Perjalanan terakhir pagi itu adalah melintasi hutan heterogen Taman Nasional Tesso Nilo yang dipimpin oleh Pak Junjung. Kami juga sempat bertemu Imbo-gajah kecil di perjalanan yang sepertinya ia ingin mengikuti kami. Mbak Melani dari Greenpeace dan Kak Lusiana menjadi peserta yang paling semangat untuk berteriak histeris pagi itu karena tidak menyangka medan yang akan kami tempuh tidak beralaskan jalan setapak yang rata saja, tetapi banyak halang rintangan dahan pohon, sungai, dan rawa-rawa berlumpur yang siap melahap kaki kita. Dan benar saja, banyak insiden yang terjadi seperti terjatuh, tercebur, dan serangan pacet.
Salah Satu Rintangan, Masih Banyak Rawa Menghadang
Saya sempat bertanya kepada Pak Junjung, apa yang harus kita lakukan jika bertemu Harimau Sumatera nanti? Pak Junjung bilang memang pernah ia membawa rombongan bertemu dengan Harimau Sumatera beberapa puluh meter di jalan depan mereka. Asalkan kita tidak memprovokasi dan tetap tenang, Harimau Sumatera akan pergi dan sama sekali tidak peduli akan kehadiran kita. Saya bertanya karena berharap bertemu satu ekor saja Harimau Sumatera. Tapi sepertinya tidak akan terwujud.

Saat telah berjalan lama di hutan, saya merasa sedih karena hingga hari terakhir, saya tidak sempat bertemu dengan satupun Harimau Sumatera. Saat itu saya berjalan paling depan dalam rombongan. Tiba-tiba saya mendengar sesuatu. Saya sangat yakin saya mendengarnya. Saya mendengar suara geraman seekor mamalia yang familiar dan yang sedang saya cari-cari. Saya sering mendengarnya di Kebun Binatang Surabaya karena akhir-akhir ini saya meneliti mereka. Bukan suara gajah, tupai, maupun monyet. Itu suara khas Harimau Sumatera, berada tidak jauh di sebelah kanan saya berjalan. Sengaja tidak saya beritahukan kepada yang lainnya. Cukup saya saja yang tahu, karena harimau di sini ternyata sangat pemalu karena suaranya terdengar melenyap. Perjalanan saya akhiri dengan rasa puas dan bahagia. Misi pribadi saya selesai.
Anak Gajah Berumur 3 Bulan, Diapit Imot dan Nela, Nela Sangat Menyayangi Adiknya.
Setelah kami mampir dari menara pengawas, kami kembali ke camp tapi mampir dulu menghampiri anak gajah kecil yang sangat imut. Kami bertemu dengan salah satu kepala pengawas Tesso Nilo yaitu Pak Suharna dari BKSDA. Ternyata penegakan hukum yang harus dilakukan secara tegas menjadi solusi utama masalah di Tesso Nilo. Personel keamanan yang sedikit seperti polisi hutan dan perlengkapan keamanan diri yang tidak dapat terealisasikan karena pemerintahan yang kurang mendukung akan memperparah keadaan Tesso Nilo. Tiga hari sudah kami lewati dan permasalahan sebenarnya bermuara pada satu titik yaitu ketegasan dan keseriusan pihak yang memiliki kewenangan lebih untuk menegakkan hukum dan menjaga hutan karena tanpa kesungguhan pihak yang ada di atas, pelaku kegiatan yang berada di bawah akan statis dan tidak bisa berkembang.

“Hanya kita yang dapat melindungi hutan, keanekaragaman dan keindahcantikan di dalamnya.”

--oOo--

Epilog
Petualangan dalam Bearing Witness Greenpeace Indonesia pun berakhir. Dan kita juga punya rumus baru:

Rumus:
1.      Nggak peduli hutan itu ndeso.
2.      Pilihlah calon pemimpin yang memiliki kepedulian tentang hutan. Tanyakan kepada mereka secara langsung seperti apa kepedulian mereka pada hutan. Buat apa memilih pemimpin yang ndeso.
3.      Banyak yang menggantungkan hidupnya secara langsung pada hutan, dan kita pun secara tidak langsung. Pemimpin ndeso yang tidak memiliki kepedulian pada hutan, berarti tidak akan peduli pula pada kehidupan kita.
4.      Dengan memilih calon pemimpin yang memiliki perhatian besar pada hutan, itu berarti kita akan menyelamatkan lingkungan, satwa, dan keberlangsungan kehidupan seluruh makhluk hidup termasuk anak cucu kita.


"Saya secara pribadi mengajak teman-teman sekalian untuk menjadi pemimpin yang nggak ndeso. Pimpinlah dan ajaklah sekeliling kita untuk peduli akan hutan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang bisa kita lakukan secara kreatif. Menulis, mendesain, meneliti, atau melakukan kegiatan sekecil apapun yang kita dedikasikan untuk hutan. Greenpeace juga selalu menawarkan banyak hal yang dapat kita lakukan demi hutan. Jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi kita lagi untuk pura-pura tidak tahu dan tidak mau berbuat apa-apa untuk melindungi hutan."


Salam saya sampaikan kepada semua pelindung hutan yang keren dan berpikiran maju.
Afif Web Developer

Afif Zakariya seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi travelling, membaca, berenang, dan menulis blog. Dia bercita-cita untuk menguasai dunia.

4 komentar:

  1. Foto-fotonya bagus mas, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, terima kasih yaa..
      itu tempat2nya emang bagus, asal jepret pun jadi bagus kok, haha

      Hapus
    2. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALIH,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALIH DAN AKHIRNYA AKI ALIH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALIH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALIH …BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALIH: 082==313==669==888




      Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
      benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semuaini
      berkat bantuan angka dari AKI ALIH]
      karena cuma Beliaulah ang memberikan angka
      goibnya yg di jamin 100% tembus awal saya
      bergabung hanya memasang 100 ribu karna
      saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
      tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
      angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
      hubungi AKI ALIH] DI 082==313==669==888
      insya allah beliu akan menbatu k40esusahan
      anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih.

      Hapus
  2. Buat pengguna android, nih ada app buat nyari DOLLAR online secara mudah tanpa modal dan legal modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama STEAM gift card, gem coc , Google Play gift card, paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AY85570
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
    11. Terus kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

    Jangan lupa share trik ini ya :)

    BalasHapus