Jumat, 12 November 2010

Indonesia Pusaka


Rangkuman Materi Sejarah dan Teori Arsitektur 1

Dari Kuliah Super Singkat Bapak Galih Widjil Pangarsa


Pengantar Redaksi
NB: Dalam postingan ini menggunakan kata "Kami", karena memang penulisnya terdiri dari banyak orang.


Durasi pemberian materi oleh Bapak Galih, pada hari Senin 1 November 2010 menurut kami sangatlah singkat. Pak Galih menunjukkan slide presentasi secara cepat & menjawab 2 pertanyaan, dan dalam kira-kira kurang dari 15 menit kelas telah berakhir. Namun ternyata rangkuman yang telah dibuat bisa sebanyak ini.Dan menurut kami apa yang akan disampan dalam postingan ini, masih belum cukup, karena mungkin beberapa materi masih ada yang terlewatkan.
Oleh karena itu, alangkah baiknya teman-teman juga membaca dan mempelajari bahasan dari:
http://arsiteknusantara.blogspot.com/
http://kajianbudayailmu.blogspot.com/

Dan menonton video dari channel:
http://www.youtube.com/user/pakdegalih
Jika Anda kesulitan dalam mendownload videonya, dapat gunakan link berikut:
http://dl.dropbox.com/u/12341502/Arnus1.mp4
http://dl.dropbox.com/u/12341502/Arnus2.mp4
http://dl.dropbox.com/u/12341502/Bencana.mp4
http://dl.dropbox.com/u/12341502/Kota.mp4
http://dl.dropbox.com/u/12341502/Mengenang.mp4

Semoga bermanfaat


-------------------------oOo-------------------------

Prolog
Sebelum Anda membaca rangkuman materi pada hari Senin, 11 November 2010, kami mengajak Anda untuk menyimak lagu, lirik, gambar, dan video berikut, mengenai Indonesia.
Indonesia Pusaka, karya Ismail Marzuki, kami hadirkan kepada Anda.

INDONESIA PUSAKA

Indonesia Tanah Air Beta
Pusaka Abadi Nan Jaya
Indonesia Sejak Dulu Kala
Selalu Dipuja-puja Bangsa

Disana Tempat Lahir Beta
Dibuai, Dibesarkan Bunda
Tempat Berlindung Di Hari Tua
Sampai Akhir Menutup Mata


Indonesia sangat kaya. Memiliki beribu-ribu pulau, bermacam-macam budaya, SDA yang melimpah, dsb. Apakah Anda setuju?

-------------------------oOo-------------------------


Pembahasan
"Indonesia Tanah Air Beta
Pusaka Abadi Nan Jaya"

Sekarang? Apakah benar, Indonesia masih menjadi "Pusaka Abadi Nan Jaya"?

Indonesia zamrud khatulistiwa, mungkin kalimat tersebut tidak akan pernah bisa dibuktikan lagi.
Zamrud adalah batu perhiasan yang berwarna hijau, begitu indah. Pengibaratan Indonesia sebagai zamrud merupakan anugerah bagi bangsa kita, membuktikan bahwa Indonesia wilayah yang indah. Akan tetapi semua itu sirna karena keserakahan manusianya. Pengeksploitasian yang berlebihan dan tidak bertanggung jawab tersebut menyebabkan kerusakan alam Indonesia.

 Foto-foto Kondisi Hutan di Kalimantan

Allah menjadikan manusia sebagai kholifah di muka bumi untuk mengelolah bumi ini dengan sebaik-baiknya. Tetapi hal tersebut di salah gunakan oleh manusia. Manusia mengelolahnya secara berlebihan hanya untuk kemakmurannya sendiri
Allah telah berfirman, dalam surat Al A’raf 7:31
“... Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Tetapi manusia saat ini serba berlebihan, berlebihan mengeksploitasi hutan, berlebihan mencari keuntungan untuk kepentingan individu tanpa memperhatikan kemaslahatan umat

-------------------------oOo-------------------------

"Indonesia Sejak Dulu Kala
Selalu Dipuja-puja Bangsa"

Sekarang? Apakah Indonesia masih "Selalu Dipuja-puja Bangsa"? Padahal pemerintahan kita terbukti individualis, picik, dan materialistis. Yang dapat Anda lihat dari berbagai bencana karena ulah tangan-tangan manusia dan kondisi seperti berikut.


1. PT. Freeport Indonesia
Berikut beberapa fakta mengenai penambangan besar ini.

Tambang Grasberg adalah tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar di dunia. Tambang ini terletak di provinsi Papua di Indonesia dan dimiliki oleh Freeport yang berbasis di AS(67.3%) Pemerintah Indonesia (9.3%). Operator tambang ini adalah PT Freeport Indonesia (anak perusahaan dari Freeport McMoran Copper and Gold). Biaya membangun tambang di atas gunung sebesar 3 milyar dolar AS. Pada 2004, tambang ini diperkirakan memiliki cadangan 46 juta ons emas. Pada 2006 produksinya adalah 610.800 ton tembaga; 58.474.392 gram emas; dan 174.458.971 gram perak.
Dari keterangan di atas  jelas terlihat bahwa Kekayaaan Indonesia telah dieksploitasi pihak asing, USA ( Silahkan dibalik sendiri jika dibaca) karena pemerintahan yang jelas materialistik.

Sejumlah PRESTASI BESAR Freeport pun telah ditorehkan kepada bangsa ini. Antara lain
1.   Pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia
2. Freeport melanggar peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup. Menurut perhitungan Freeport sendiri, penambangan mereka dapat menghasilkan limbah/bahan buangan sebesar kira-kira 6 miliar ton (lebih dari dua kali bahan-bahan bumi yang digali untuk membuat Terusan Panama)
3.  Konflik dengan warga setempat.
4.  Perbaharuan perjanjian kerja yang terus – menerus merugikan Indonesia.
5.  Membungkam mulut para aktifis – aktifis pecinta lingkungan yang tahu kejahatan Freeport.
6.  Pengusiran terhadap Warga setempat, dll

Apakah Anda tidak miris melihat hal ini? Apakah Anda masih tidak mau peduli? Isu Irian yang akan lepas dari kita, apakah anda juga akan rela? Coba bayangkan kalau tambang ini kita kelola sendiri , oleh anak–anak negeri bangsa kita sendiri, hasilnya kita manfaatkan untuk kesejahteraan bangsa ini.

2. PT. Lapindo Brantas

Contoh lain yang cukup dekat dengan daerah kita adalah Lumpur Lapindo.

Lagi-lagi bencana yang terjadi di bumi pertiwi ini. Hal ini lagi-lagi karena ulah manusia sendiri. Yang haus akan harta yang berlimpah. Yang egois memikirkan kepentingan sendiri. Yang haus akan uang. Ya lagi-lagi uang yang membutakan mata untuk merusak alam tempat kita tinggal. Yang gara-gara ulah kita sendiri mengakibatkan bencana yang merugikan banyak manusia.

Teringat perkataan  Pak Galih: ”Apakah kalian tahu kenapa Allah menciptakan manusia dari tanah liat? Itu agar manusia sadar dan ingat bahwa manusia berasal dari bahan yang berasal dari alam yaitu tanah liat. Agar kita bisa hidup dengan alam secara selaras. Ketika kita mengelolahnya dan mengurasnya secara berlebihan alam pun akan menolaknya. Ketika kita egois alam pun akan egois terhadap kita”.

Itulah yang terjadi di daerah Sidoarjo khususnya di lapindo. Karena ketamakan yang tidak puas akhirnya mengambil jalan pintas yang mengakibatkan bencana yang merimbas kepada orang-orang yang tidak tahu menahu tentang pemboran gas yang melewati ambangnya yang berujung pada kolam lumpur yang sangat besar yang tak kunjung usai.
    
-------------------------oOo-------------------------

"Disana Tempat Lahir Beta
Dibuai, Dibesarkan Bunda"

Sudah menjadi keharusan kita, sebagai manusia yang lahir di negeri ini untuk berjuang demi negeri ini. Benar-benar berjuang. Bukan hanya menjadi parasit merugikan yang hanya bisa "Dibuai, dibesarkan Bunda". Sebuah video yang menarik untuk dipelajari dari Pak Galih, mengenai Alm. WS Rendra, Mbah Surip, dan Gus Dur.


1. WS Rendra
Seorang seniman dengan julukan “pangeran panggung” sebagai idola Tahun 1970an oleh kaum intelektual mahasiswa karena dia tahu bagaimana menyalurkan energi pada penonton. Rendra dikenal sebagai “perindu dan Pecinta” kemerdekaan bagi kesejatian manusia. Seni Rendra bukanlah seni untuk seni, melainkan saluran “pemerdeka jiwa” lewat pementasan karya-karyanya yang sarat protes sosial.



2. Mbah “I Lap Yu fuuuul” Surip
Terkenal sebagi sahabat rendra yang memiliki kepribadian lugu, lucu, dan baik. Lagu yang dibawakannya pun easy going sehingga mudah diterima masyarakat luas. Sosoknya yang khas dengan rambut gimbal ala rasta yang sangat mirip dengan sandangan buto rambut geni  wayang orang jawa. Tetapi publik tidak mau perduli akan hal itu, yang menjadi fokus masyarakat adalah kepribadiannya. Sifat mbah surip  yang sederhana dan bersahaja. Sahaja artinya mampu menahan diri, mengekang nafsu atau sukarela tampil sederhana meski dapat hidup lebih dari itu. Sedangkan sederhana lebih menyiratkan terpaksa tidak dapat bermewah-mewah.

Mbah surip memiliki sifat ke-sahaja-suka-rela-an yang membuat membuat masyarakat di bawah tekanan kehidupan glamor masa kini seperti mendapat sumber air yang menyegarkan. Karena hidup sahaja mengikat dan bisa memberikan kesempatan hidup bagi orang lain.

Kesahajaan mengandung sifat kepemurahan.  Dan karena kesahajaan merupakan fitrah manusia  maka si mbah demikian populer.

3. Gus Dur
Apa hubungan Gus Dur dengan Arsitektur? Tidak ada, kecuali rasa kemanusiaan tinggi dan rasa kesatuan terhadap kehidupan bangsa negeri ini. Sikap gusdur selalu menimbulakn pro-kontra dimata masyarakat, terutama pandangannya di bidang politik. Terkadang sikapnya yang sulit dipahami menunjukkan tanda-tanda kecerdasannya atau bahkan “kewaliannya”. Yang jelas ia adalah seorang yang berani menempuh resiko demi apa yang ia yakini, betapa pahitnyapun resiko yang ditempuh.

Kemudian cerita tentang pertemuan pak Galih dengan Gus Dur di Paris pada tahun 1990. di sana Gus Dur terlihat begitu terbuka dengan menerima undangan dari teman-teman bapak Galih mantan mahasiswa yang telah lebih dari seperempat abad tidak dapat berhubungan dengan sanak keluarga di Indonesia. Pada kesempatan itu Gus Dur meminta maaf kepada teman-taman pak galih, beliau mengatakan “kelompok saya talah banyak membantai sahabat, saudara, bahkan orang tua dari saudara-saudara semua”. Lebih Lengkapnya bisa di baca di e-book pak galih berjudul: Materialisme pada masjid Nusantara ( http://issuu.com/eurocentrism/docs/materialisme_pada_masjid__nusantara )

Dari peristiwa itu dapat ditarik pelajaran. Pertama pada pembelaannya pada rasa kemanusiaan dan keberaniannya  dalam menganggung resiko untuk membela rasa kemanusiaannya. Kedua, bagaiman ia secara ajeg menjaga kesatuan Republik Indonesia ini. NKRI harga mati!

Lalu bagaimana kita menerapkan pelajaran itu dalam kehidupan berarsitektur? Hal-hal yang menjadi pertanyaan mendasar antara lain: Betulkah pandangan, konsep dan praksiskeilmuan arsitektur yang kita bangun telah memihak pda inti dasar kamnusiaan, yaitu menghargai pihak lain? Bagimana melestarikan nilai-nilai lokal yang majemuk di Nusantara dan sekaligus mengambil nilai-nilai kebaikan universal yang terkandung pada setiap lokal? Bagaimana mewujudkan keduanya dalam kesatuan pandang budaya bangsa? Walaupun arsitektur nusantara dianggap sudah mati apakah dipandang sebagi jenazah yang tidak dapat hidup lagi? Apakah nilai-nilai luhur didalamnya tidak dapat diperjuangkan agar bangkit kembali? Bagaimana kemajuan arsitektur bangsa nusantara, tergantung pada sikap dan perbuatan nyata kita bersama?

-------------------------oOo-------------------------

"Tempat Berlindung Di Hari Tua
Sampai Akhir Menutup Mata"

Sebuah video mengenai KEHEBATAN pemerintah kita khususnya para Anggota DPR.


Mau sampai kapan diri kita membiarkan negeri ini berangsur-angsur hancur? Mau sampai kapan kita tidak memperbaiki negeri ini? Apakah akan kita biarkan saja "Sampai akhir menutup mata"? 

-------------------------oOo-------------------------

Epilog

Dimana posisi kita saat ini? Kita hidup disuatu negara berkedaulatan, wilayah dengan kekayaan yang tak ada habisnya, negara kepulauan yang disatukan oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga munculah kekayaan didalamnya.

Indonesia, yang selama ini dikenal sebagai negara zamrud khatulistiwa, tidak  banyak yang mengetahui bahwa negri kita ini memiliki proyeksi dari Ka’bah (Hajar Aswad dan pintu Ka’bah) di kota Makkah yang merupakan cikal bakal negara Indonesia dengan bendera kebangsaan merah putihnya. Dengan posisi istimewa kita dibumi ini harusnya banyak hal-hal berarti yang bisa diperbuat dalam rangka memakmurkan bangsa ini, namun kenyataan berkata lain, justru bangsa ini terpuruk dan diadu domba dengan pihak-pihak yang tidak menginginkan terjadinya kedamaian dan kemakmuran pada bangsa ini, seperti contoh yang baru-baru ini terjadi permasalahan batas wilayah dan perebutan hak cipta antara indonesia dan malaysia yang masih merupakan satu rumpun yakni Melayu, permasalahan ini tidak seharusnya dibesar-besarkan karena hanya akan menguntungkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kita lihat bagaimana kebhinekaan di Indonesia, dengan kemajemukan masyarakatnya, bahasaya, suku, ras, serta agama menjadikan negri ini begitu kaya akan potensi, harusnya kita memahami bahwa persatuan terhadap sesama manusia (hablumminannaas) itu tidak sebatas dengan negaranya sendiri namun dengan negara lain sebagai bentuk persatuan.

Sungguh kita berada dalam suatu keadaan yang jauh berbeda dengan keadaan dimana bumi dahulu sangat indah dan damai, kekayaan sumber daya alam, flora fauna, keragaman budaya antar negara, beserta ragam dialek bahasanya yang ironisnya seiring berjalannya waktu semua kekayaan itu mulai tergerus zaman, arsitektur sebagai sebuah artefak peninggalan sejarah masa lalu yang didalamnya terdapat makna dibalik penciptaannya, sebuah pesan dari sebuah budaya yang membedakan dengan budaya lainnya, sebuah pesan dari masa lalu yang bertujuan untuk memberikan ruang temporal yang baik  bagi masyarakat dari waktu-waktu.

Kita pernah mendengar tentang kedigdayaan arsitektur kaum Aad pada masa nabi Hud, atau kemegahan arsitektur pada zaman Yunani kuno, juga kita tak akan pernah lupa dengan dalil/teori Vitruvius (firmitas, venustas dan utilitas) yang beken pada era pemerintahan Romawi hingga saat ini, pernahakah kita berpikir siapa diri kita? Apa tujuan kita sesungguhnya? Dan dimana posisi kita saat ini?

Jika kita merujuk pada ayat al-Qur’an surat ad-Daariyat ayat 56 “Sesungguhnya tidak diciptakan manusia dan jin kecuali untuk beribadah kepada Ku”. Dari ayat tersebut dapat kita fahami betapa besar karunia tuhan kepada kita, kita diciptakan untuk memuliakan Sang Pencipta, namun sebuah ironi yang terjadi di jaman ini, jaman dimana teknologi dan sains sudah menjadi darah daging dimasyarakat, seolah tuhan sudah tenggelam begitu saja, jika kita mau melihat sejarah, artefak arsitektur pada kaum Aad, bangsa Yunani serta Romawi, kita akan menemukan kesamaan terhadap apa yang terjadi pada masyarakat kita.

Ya, mereka telah melupakan Tuhannya dan mengganti tuhan dengan materi, kemewahan, kenikmatan hidup, lalu apa kita akan hidup seperti mereka? Menuruti hawa nafsu, kesenangan dunia? Apa yang harus kita lakukan? Diam kah kita? Atau pura-pura tidak tahu atau melakukan demo?

Ingatlah Allah telah berfirman dalam al-Quran:

2:160
Artinya: “Kecuali mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”.(QS. 2:160)

Bertaubat dan Mengadakan Perbaikan Pada Negeri Ini...
...adalah hal yang harus kita perbuat

Teringat pertanyaan seorang peserta mata kuliah kepada Pak Galih : “Pak apakah kita yang diam saja dan  yang tidak melakukan hal-hal tersebut, termasuk ikut merusak negeri ini?”
Dengan tegas Pak Galih menjawab :”Ya iyalah yang diam saja juga merupakan perusak.”
Tanpa berbuat apa-apa membiarkan kerusakan terus berlanjut, apakah bukan perusak juga namanya? Kita hanya diam terpaku ketika sebagian orang membuat salah. Tetapi ketika hal tersebut berdampakkan negatif pada lingkungan baru kita saling menyalahkan. Sebenarnya hal ini adalah salah kita semua, baik yang melakukan maupun yang diam saja. Dan apa yang telah kita lakukan untuk perbaikan negeri ini? Diam?

Kita sebagai hamba Allah harus mengamalkan ilmu yang kita miliki dan berani menegakkan kebenaran. Marilah bersama-sama kita mengadahkan perubahan yang mengarah kepada kebaikkan untuk ibu pertiwi ini. Seperti sebuah lirik lagu yang sangat dalam.

Ku lihat ibu pertiwi sedang bersusah hati
Air matanya berlinang bak intan yang tergerai
hutan, gunung, sawah, lautan, simpanan kekayaan
kini ibu sedang lara merintih dan berdoa

Satu Tersakiti maka semua menangis. Derita ini buat kita semua yang menghembuskan nafas di bumi pertiwi. Mari Menggengam tangan demi hari yang lebih baik untuk bumi pertiwi ini.

 SEKIAN

 ------------------------oOo-------------------------

Bonus

Banyak hal yang terjadi di Indonesia, tetapi kita hanya melihat dengan sebelah mata. Dan banyak pula hikmah pelajaran yang perlu diambil dari hal-hal itu, tetapi kita cuma bingung sendiri dengan tugas-tugas kuliah kita.
Dengan bencana yang terjadi di Indonesia saat ini, lalu apa yang harus kita lakukan? Ikut sedih kah? Sampai menangis-nangis terharu dengan penderitaan?
Tidak. Dengan kita semakin merasa sedih atas mereka, semakin menderita pula mereka. karena secara tidak sengaja, kita berfokus pada ketidakbaikannya mereka.

Cobalah kita putar dan kita lihat dari sudut pandang lain.
Turun tangan langsung kesana menjadi relawan atau menyumbang kepada mereka merupakan sebuah tindakan yang sesuai. Akan tetapi, ada satu hal yang sangat perlu kita dahulukan yang terkadang kita remehkan, yaitu DOA. Doa yang bukan sembarang Doa. Doa yang powerfull dengan kekuatan ikhlas diri kita. Yang saya yakin dengan benar-benar IKHLAS, Allah mengabulkan doa kita.

...Aku dekat...Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku
(QS. Al Baqarah: 186)

“Berdoalah kepada Allah dan yakinlah doa kalian dikabulkan....”
Muhammad SAW

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu”
(QS. Ibrahim: 7)

Itulah rahasia Doa yang powerful. MEMINTA kepada Allah dengan perasaan YAKIN bahwa sudah MENERIMA-nya di dalam hati. Coba kita mengaplikasikan rahasia Doa ini untuk menDoakan saudara-saudara kita yang terkena bencana. Dengan ikhlas dan syukur penuh di dalam hati. Memulai dari diri sendiri, dari suatu hal yang sederhana, insya kita akan ikut membantu dalam mewujudkan Nusantara yang lebih baik.
  

Dari Korban menjadi Tuan
         Kebanyakan orang yakin bahwa ia adalah korban dari keadaan yang sedang berlangsung. Sebagiannya lagi yakin bahwa ia punya kemampuan untuk mengubah kondisi kehidupannya. Sebagian kecil lagi yakin bahwa ia mulai bermain-main dengan kemungkinan barangkali  hidupnya bisa diubah lebih baik. Dan sebagian yang kecil lagi sadar bahwa dengan bantuan Tuhan segalanya memang mungkin.
        
Dan penghalangnya adalah diri kita sendiri
         Hiduplah dari tingkat tertinggi. Sadar bahwa dengan bantuan Tuhan, segalanya mungkin.

Matra 4 atau dimensi energi tidak hanya menyangkut Arsitektur. Namun lebih besar lagi, menyangkut kehidupan kita, hubungan kita dengan Tuhan semesta Alam, (hablumminALLAH) hubungan kita dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan. Arsitektur hanya hadir di dalamnya. Arsitektur hanya mengambil hikmah pelajaran dari ini semua. Untuk dijadikan sebuah ilmu terapan yang mewujud kepada kehidupan sehari-hari.

-------------------------oOo-------------------------
 
Bagi teman-teman yang masih belum jelas mengenai rangkuman ini atau memberi beberapa masukan, dapat berdiskusi dan sharing dengan kami. [Tim Redaksi: Penanggung Jawab: M.Faisol. Editor: AfifFZ. Summary Writer: BiendraAW; IfadaJN; N.Mizraty; NadaCZ; SirlyIS, SyarifahK; ZurichaA; dan teman-teman kelas B yang tidak dapat penulis sebut namanya satu persatu.]
Ariya Web Developer

Afif Zakariya seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi travelling, membaca, berenang, dan menulis blog. Dia bercita-cita untuk menguasai dunia.

2 komentar:

  1. yah sekedar menambahkan dan memberikan informasi dari apa yg saya dapat dari pak Galih juga,,(semoga informasinya bener,,)

    dalam bencana di Indonesia(merapi,lapindo,mentawai,hutan kalimantan, dsbg)
    'korban' yang paling menderita adalah 'alam'
    dimana alam yang tidak 'melakukan' apa pun,,namun ia YANG PALING MENDERITA
    kalau manusia masih bisa mengungsi,,kalo alam?? mau pindah?? cara'a??
    mereka rusak akibat kita,tingkah laku kita,,

    mendoakan para korban bencana??
    umum'a kita semua mendoakan :
    "berikan mereka ketabahan"
    "berikan mereka kekuatan"
    tapi adakah yg berdoa seperti ini?(semoga ada):
    "ampunilah dosa hamba,akibat dari perbuatan hamba Engkau menjadi murka, Alam menderita,dan
    manusia sengsara"
    karena semua bencana ini akibat SEMUA masyarakat Indonesia,,bukan hanya mereka yang ada di jogja aja,,di kalimantan aja,,d papua aja,,
    Bencana ini merupakan sebuah teguran,,teguran yang(seharusnya mampu)menyadarkan kita bahwa kita bukanlah apa-apa,,bahkan sama alam(merapi.red) kita pun masih kalah jauh!!!)
    jadi,,mari kita tobat,,,untuk pribadi yg lebih baik,masyarakat yg lebih baik,alam yang lebih baik,dan Indonesia yg lebih baik!!! Amin. . :D


    Zati Fadia
    09106500xx
    (maaf udah jadi kebiasaan pake nim ,, hohohoho)

    BalasHapus
  2. terima kasih zati fadia nim 091065xxxx :D

    ya, ALAM yang paling menderita.
    Sudah hari kesekian sejak awal 2011, masih banyak terjadi bencana alam... :(

    ayolah dunia! kita buat perubahan yang lebih baik!

    BalasHapus