Selasa, 18 Januari 2011

TOP 10: Indonesian Food Terpopuler Part 1



Ada banyak makanan Indonesia yang sangat W.O.W. Berikut ini adalah 10 makanan Indonesia yang sangat saya suka :D. Tentunya ada BAAAANNNYAAAAK Indonesian Food yang belum pernah saya coba, dan mungkin saya akan sangat menyukainya saat pertama kali mencicipinya :)

--oOo--

1. Soto
Soto menurut saya adalah makanan yang sangat mewah, saya menemukan lambang kelimpahan dan kekayaan Indonesia di sini. Warnanya yang keemasan dan rasa kaldu yang sangat W.O.W, sangat SOTO, membuat saya menyukai soto terutama soto buatan ibu saya yang memakai tambahan ekstra kentang goreng. Soto biasa dihidangkan pada acara-acara syukuran, selametan, atau pernikahan. Dan soto punya saudara namanya Rawon.

2. Rawon
Ada soto, ada rawon ).Dulu saat masih kecil saya sangat bingung membedakan mana rawon, mana soto, karena mereka berdua selalu disandingkan dan dihidangkan saat ada acara tertentu :). Saat ditanya: "Mau rawon atau soto?" (saya sempat bingung, itu dulu :P). Rawon merupakan lambang ketulusan bagi saya. Warnanya yang gelap, namun rasanya enak, sangat menipu, itulah dunia. Yang terlihat buruk belum tentu buruk, begitu pula sebaliknya.

3. Pecel
Waha! This is it! Pecel adalah makanan yang sangat diminati orang-orang Indonesia untuk sarapan, termasuk saya. Pecel tidak bisa tahan terlalu lama, atau dihidangkan untuk makan siang. Pecel dibuat dari sayuran-sayuran segar, dibuat pagi-pagi, untuk dinikmati orang-orang pagi (dan rajin ^^), terutama saat liburan. Pecel adalah lambang semangat dan disiplin untuk membuat perbaikan!
 
4. Gado-gado
Gadogadogadogadogadogadogadogado.. Saya sangat suka menyebut gado-gado, apalagi memakannya. Gado-gado sangat vegetarian, menyehatkan dan menyegarkan. Kalo boleh saya bilang, gado-gado saus kacang ini lebih KEREN dan lebih W.O.W. daripada salad berlumur mayonaise. Sayuran-sayuran yang berbeda-beda ini dapat menyatu dengan saus kacang, sungguh lambang persatuan.

5. Sate
Sate adalah salah satu hidangan yang istimewa. Yang paling saya suka adalah sate kambing dengan saus kacang yang tidak terlalu halus ditambah dengan banyak bawang merah. Saya kurang begitu tahu mengenai sejarah sate. Disembelih. Dimutilasi. Dipotong-potong sampai kecil-kecil. Ditusuk. Lalu dibakar dengan arang. Cukup sadis dari perspektif yang lain namun ini merupakan lambang pengorbanan yang harus kita pelajari.

6. Tumpeng
Ini dia makanan Indonesia yang menurut saya merupakan lambang gotong royong. Tumpeng dibuat untuk acara-acara khusus dan spesial. Biasanya, pembuat tumpeng tidak sendiri, tapi saling sumbang menyumbang! Misalnya Bu ini membuat nasi kuningnya, Bu itu bikin bihunnya, Bu anu bikin kering tempenya, lalu Bu ono bikin telur dan ayam gorengnya, dst. Finally, semua itu digabung menjadi 1 tumpeng dan bisa dimakan satu kampung! Budaya Indonesia memang indah :)

7. Rendang
Rendang itu pedas dan berminyak dan manis dan mahal dan W.O.W. Pembuatannya memang tidak main-main, anda bisa belajar tentang lambang kesabaran dari rendang ini.

 8. Gudeg
Nangka itu manis, Gudeg itu manis. Sempat saya dapatkan ilmu mengenai makanan manis dari Bapak Galih. Orang jawa itu suka makanan manis karena hidupnya pahit. Namun saat sudah mendapatkan manis itu, susah dan tidak mau melepaskannya. Lambang kegigihan, tepatkah?

 9. Pempek
Pempek sangat terasa ikan, aroma ikan, pedas dan bebas. Pempek terkadang halus, terkadang kasar. Terkadang alot, terkadang kenyal. Kejutan. Lambang kebebasan dalam hidup, bagi saya :).


10. Opor
Opor ayam adalah makanan yang biasanya sangat tepat disajikan untuk lebaran. Bisa dihidangkan dengan nasi atau lontong dan ketupat. Saya pernah memakan opor yang menurut saya sangaaaaaaaat enak sekali. Opor buatan ibu :), tapi ini lain. Memang bumbunya sama, tapi ada yang lain. Pada saat itu saya sangat lelah dan lapar, ibu memberi saya nasi opor, itu sangat amat enak sekali. Lapar membuar makanan menjaadi berkali-kali lipat lebih lezat. Lambang perjuangan  saya rasa tepat :). Bersakit dahulu, bersenang kemudian.

--oOo--

Masih ada pepes, bothok, bakso, sayur tewel, rujak, urap-urap, nasi dan tahu campur, W.O.W. so much fun, I like it! Dan Lain Sebagainya! :D

Jika Anda masih menganggap masakan luar negeri adalah raja masakan yang Anda puja-puja, sepertinya itu tidak terlalu benar :)
Sampai jumpa di Part 2 :P
Ariya Web Developer

Afif Zakariya seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi travelling, membaca, berenang, dan menulis blog. Dia bercita-cita untuk menguasai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar