Jumat, 07 Januari 2011

Illuminati Trading Card: Kekuatan Gambar dan Simbol


Belajar di arsitektur membuat saya paham bahwa 1 gambar akan memberitahu kita "informasi" lebih banyak daripada: membaca 1 kalimat, ataupun: orang lain yang memberikan suatu pernyataan/berita kepada kita. Mungkin kata-kata saya cukup membingungkan tapi inilah yang saya maksud.

Perhatikanlah gambar berikut, yang saya ambil dari http://indonesiasketchers.blogspot.com/ :
 

Apa informasi yang Anda peroleh dari gambar tersebut?
Tentu saja ada banyak sekali informasi yang bisa Anda dapatkan. Belum percaya?

Jika saya bertanya "Apakah yang sedang dilakukan orang-orang yang ada di gambar itu?"
Mungkin jawaban Anda:
Jawaban 1: Seorang anak yang sedang makan ditemani ibunya dan saudaranya.
Darimana Anda tahu dia sedang makan? Darimana Anda tahu itu seorang anak dari ibu itu? Bisa saja orang tersebut adalah napi dan wanita yang menemaninya adalah tante atau tetangganya.

Jawaban 2: Seseorang yang diopname dan dirawat di rumah sakit ingin mengambil sesuatu, dan terlihat keluarganya sedang menjenguk.
Darimana Anda tahu setting tempat itu adalah rumah sakit? Bisa saja di kamar dia sendiri. Bisa saja itu teman-temannya yang menjenguk. Mungkin pula tidak menjenguk, mereka hanya iseng-iseng, kebetulan mampir di depan rumah. Bisa saja.

Dan jawaban versi anda yang beragam... Mungkin 1 gambar ini tidak akan cukup diceritakan dalam 1 atau 2 lembar kertas, bisa saja dari gambar ini mewakili kisah 1 novel. :)

Wah, itu hanya 1 gambar, bagaimana dengan banyak gambar atau dengan kata lain film yang menggabungkan banyak gambar dan suara. Akan ada banyak sekali, buuuaaanyaaaaak sekaaliiii informasi yang Anda peroleh.

--oOo--

Baik, saya tidak akan berlama-lama menjelaskan kali ini. Selain saya sudah mengantuk, saya hanya ingin menekankan pada Anda bahwa:


1 gambar yang kompleks (sangat detail dan penuh warna) akan memberikan Anda informasi yang melimpah, dan tidak ada informasi yang tidak ditampakkan.

1 gambar yang biasa (cukup detail dan sedikit warna) akan memberikan Anda informasi yang cukup, dan sedikit saja informasi yang tidak Anda ketahui.
 
1 gambar sketsa yang simbolis, akan memberikan Anda informasi yang sedikit, dan ada sebagian informasi yang perlu Anda cerna sendiri.

1 gambar simbol, akan memberikan Anda informasi yang sangat minim. Banyak sekali informasi yang tidak Anda lihat maupun Anda pahami, dan banyak informasi yang disembunyikan bahkan dirahasiakan untuk Anda ketahui.

--oOo--

Kesimpulan:
Kesimpulan sederhana secara matematis yang dapat saya berikan adalah:

4 gambar + 0 rahasia = 4 informasi <--- gambar kompleks
3 gambar + 1 rahasia = 4 informasi
2 gambar + 2 rahasia = 4 informasi
1 gambar + 3 rahasia = 4 informasi <--- adalah 1 simbol

Simbol, akan memiliki bobot informasi yang sama dengan gambar kompleks: 1 gambar dan 3 rahasia, akan tetap memiliki 4 informasi. Bersyukurlah jika 3 rahasia yang tidak nampak adalah sesuatu yang positif bagi Anda, namun bisa saja 3 yang dirahasiakan adalah hal yang negatif. Na'udzubillah..

--oOo--

Demikian sementara permulaan yang bisa saya berikan, walaupun sebelumnya sudah ada Prolog :D
Menurut saya ini penting karena berikutnya, kita akan membahas tentang gambar pada kartu-karu game Illuminati. InsyaALLAH saya akan membahas kartu-kartu ini pada rubrik Illuminati berikutnya.

 
MTV, buku komik, Game perang-perangan, adalah Bidak Illuminati yang digandrungi para remaja dan anak-anak muda jaman sekarang. Saya tidak mau munafik karena memang: Termasuk saya.


Dan mungkin lebih lanjut lagi dan butuh pengetahuan lebih dan pemahaman ekstra, saya akan membahas mengenai kartu-kartu yang sangat membuat saya kepikiran sampai saat ini:

Ini adalah Cara dan Sarana yang akan dilakukan atau mungkin telah disiapkan, bahkan telah dilaksanakan oleh Illuminati.


Sekian, sampai pada pembahasan selanjutnya..

 --oOo--


NB: Kita memiliki Tuhan Yang Maha Esa, ALLAH SWT. Masihkah kita takut dan mau dibodoh-bodohi oleh mata satu?
Ariya Web Developer

Afif Zakariya seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi travelling, membaca, berenang, dan menulis blog. Dia bercita-cita untuk menguasai dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar